5 Tip menyembunyikan Perut Saat Memotret Ibu-Ibu - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Saturday, November 16, 2019

5 Tip menyembunyikan Perut Saat Memotret Ibu-Ibu

3 Tip menyembunyikan Perut Saat Memotret Ibu-Ibu
In Frame : Istri Sendiri
Boleh percaya, boleh tidak. Boleh tertawa, boleh juga kalau cuma mau tersenyum membaca judul di atas. Tetapi, begitulah adanya. Hal paling memusingkan kalau menjadikan ibu-ibu sebagai model adalah dalam hal menyembunyikan perut.

Bukan hanya sekali dua kali permintaan itu dilayangkan kepada saya kalau hendak memotret seorang wanita yang sudah agak berumur. Biasanya karena ia menyadari bahwa postur tubuh mereka "tidak ideal" dan terutama perut yang sudah mulai menggendut, sang model biasanya meminta agar saya bisa tidak memunculkan bagian tersebut dalam foto.

Entah bagaimana caranya mereka tidak mau tahu, tetapi yang penting, setiap hasil foto yang mengekspose bagian perut mereka secara terbuka akan otomatis dianggap jelek.

Istri saya sendiri yang sudah menemani selama hampir 19 tahun sering sebal melihat hasil foto yang saya buat. Maklum saja, sebagai seorang penggemar fotografi jalanan yang suka apa adanya, biasanya saya tidak memfokuskan diri pada satu bagian tubuh saja, tetapi lebih kepada keseluruhan.

Teman sekantor pun mengatakan hal yang sama beberapa waktu yang lalu saat difoto pada acara company gathering, minggu lalu. Ia menyingkirkan foto yang memperlihatkan bagian perutnya secara gamblang.

Kawan wanita saat SMA dulu, yang sekarang sudah menjadi ibu-ibu, juga menyebutkan hal yang sama.

Jadi, perut, perut, perut. Bagian yang penting untuk diperhatikan kalau sedang memotret ibu-ibu, atau lebih luas lagi, wanita yang bertubuh tidak proporsional alias yang berada di kisaran "agak" gemuk sampai "gemuk".

Pusing.

 Tip menyembunyikan Perut Saat Memotret Ibu-Ibu
In Frame : Vera Aryani

Pertama-tama memang pusing menuruti permintaan mereka. Hal itu membuat tidak bebas. Cuma, saya juga menyadari bahwa ada rasa kurang percaya diri dari banyak wanita dalam hal tubuh mereka. Terlebih, belakangan ini sejak fotografi digital berkembang, bertebaran di dunia foto-foto wanita dnegan tubuh "sempurna" dan "proporsional". Dan, yang pasti berperut rata.

Bagaimanapun, hal tersebut mempengaruhi rasa percaya diri mereka terkait tubuh mereka sendiri. Lagipula, cukup bisa dimengerti kalau ada keinginan agar mereka terlihat cantik dalam foto. Setidaknya lebih baik dan sudut kelemahan mereka.

Percuma berargumen dan mencoba meyakinkan bahwa kecantikan bukan hanya soal wajah.. eh perut. Membuang pasti saja.

Oleh karena itu, saya belajar beberapa cara untuk menyembunyikan bagian perut saat memotret ibu-ibu atau wanita yang agak gemuk.

1. Potret dari samping

Tidak seratus persen bisa menghindari penampakan perut, tetapi dengan mengambil sisi dari samping, bagian perut akan agak tertutupi bagian tangan. Dengan begitu, tidak akan secara langsung terlihat seperti bila dipotret dari depan

2. Pose Duduk

Yap, pose yang satu ini memang cukup ampuh untuk menyembunyikan bagian perut karena bisa terhalang oleh kaki

3. Potret 1/2 Badan

Tidak perlu cropping. Fokuskan saja pada bagian atas tubuh dari kepala sampai ke dada. Dengan begitu bagian perut tidak akan masuk dalam frame.

Selesai masalah

4. Tutupi Dengan Sesuatu

Tas adalah sesuatu yang biasa dibawa kaum wanita dan benda itu bisa dimanfaatkan sebagai ornamen tambahan. Pastinya, bisa menutupi bagian perut jika memang terpaksa harus memotret dari arah depan.

5. Menahan Nafas

Trik lama tetapi ampuh. Wanita akan berkorban apa saja untuk mendapatkan tubuh langsing dan perut yang rata. Jadi, tidak akan pernah sulit meminta ibu-ibu menahan nafas selama beberapa detik saja agar perutnya terlihat kempis dalam sebuah foto. Sering tanpa disuruh pun mereka sudah melakukannya sendiri.

Jangan lama lama karena kasihan juga kalau sesak nafas.

Dan, itulah yang biasanya saya lakukan kalau hendak memotret ibu-ibu, yang meminta agar bagian perutnya jangan sampai terlihat menonjol dalam foto.

Puyeng memang, tetapi percayalah, akan lebih puyeng lagi kalau mendengar mereka mengomel melihat hasil foto yang memperlihat perut mereka yang tidak rata. Lebih mudah meminta mereka melakukan hal tersebut di atas.


EmoticonEmoticon