Bermain Dengan Garis Imajiner : Bagi Bidang Foto Agar Seimbang - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Saturday, November 23, 2019

Bermain Dengan Garis Imajiner : Bagi Bidang Foto Agar Seimbang

Pernah sekolah di TK (Taman Kanak-Kanak) atau SD (Sekolah Dasar kan ? Tentunya Anda pasti ingat salah satu jenis gambar yang legendaris karena hampir semua murid melakukannya, sehingga bu guru biasanya bingung bagaimana harus menilai.

Yang dimaksud adalah gambar gunung dan jalan seperti di bawah ini.

Bermain Dengan Garis Imajiner : Tempatkan Ujungnya Di Sudut Bidang Foto

Hayo, Anda pasti pernah membuatnya kan ? Dulu saya sering.

Ketika besar dan beranjak ke tingkat SMP dan SMA, sering kita menertawakan cara menggambar seperti itu, lucu dan tidak masuk akal menurut kita.

Tetapi, sebenarnya, apa yang kita lakukan saat masih kecil tadi mengajarkan sebuah teknik yang sangat berharga dna masih sering dipergunakan oleh para fotografer untuk menghasilkan sebuah foto yang enak dilihat.

Coba saja perhatikan contoh di bawah ini.

Bermain Dengan Garis Imajiner :Bagi Bidang Foto Agar Seimbang
Kebun Raya Bogor
Atau....

Bermain Dengan Garis Imajiner :Bagi Bidang Foto Agar Seimbang

Nah, sekarang Anda bandingkan dengan foto di bawah ini yang merupakan hasil cropping dari salah satu foto di atas.

Bermain Dengan Garis Imajiner : Tempatkan Ujungnya Di Sudut Bidang Foto

Kira-kira mana yang lebih enak dilihat? Kalau menurut saya sih, yang terakhir terlihat berantakan sekali. Tidak ada "keseimbangan".

Dan, disitulah kata kuncinya. Keseimbangan.

Cara menggambar masa kecil, yang sering kita tertawakan karena dirasa naif, sebenarnya mengajarkan kepada kita untuk menyeimbangkan pembagian porsi bidang agar seimbang. Biasanya yang seimbang menimbulkan kesan keteraturan. Dan, biasanya yang teratur dan seimbang akan terlihat enak untuk dilihat (kecuali Anda menyukai seni abstrak).

Garis-garis imajiner yang terbentuk oleh jalan (atau hal lain), merupakan pembatas dari setiap bagian. sehingga tidak ada tumpang tindih antar bagian yang ingin ditampilkan. Anda bisa mengisi bidang-bidang yang ada dengan apa saja yang Anda mau dan hasilnya tetap teratur.

Hasil cropping di atas menghasilkan sebuah image yang "kacau" dan tidak jelas apa yang ingin disampaikan oleh pemotretnya. Yang seperti ini banyak terlihat dalam foto-foto orang yang sedang berwisata yang mengabaikan pola pembagian bidang foto.

Nah, selain itu sebenarnya garis imajiner dalam foto itu juga bisa berperan sebagai "leading line" atau garis yang menuntun ke arah obyek utamanya atau isi foto secara keseluruhan.

Coba saja tempatkan sebuah obyek di bagian ujung atau setidaknya di tengah dari garis itu, maka hasilnya akan menyenangkan mata untuk dilihat.

Bermain Dengan Garis Imajiner :Bagi Bidang Foto Agar Seimbang
In Frame : Tri Trisdiyanti, Kebu Raya Bogor

Iya nggak? Kemudian, tambahkan saja sedikit "bumbu-bumbu penyedap" ala fotografi, seperti bokeh. Hasilnya bisa lebih bagus lagi.

Tapi, jangan lupa, teknik "masa kecil" ini bukanlah sebuah keharusan dan kewajiban untuk diikuti. Anda bisa melakukan sesuka hati karena semua itu tergantung selera. Hanya, pola pembagian bidang secara teratur dan leading line sederhana ala anak-anak ini sangat membantu dalam menghasilkan foto yang bagus.


Silakan coba sendiri kalau tidak percaya.


EmoticonEmoticon