Fotogenik Tidak Sama Dengan Cantik Meski Sama-Sama Enak Dilihat - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Wednesday, November 13, 2019

Fotogenik Tidak Sama Dengan Cantik Meski Sama-Sama Enak Dilihat

Pernah dong dengar istilah fotogenik ? Belakangan ini istilah yang satu ini banyak sekali digunakan. Apalagi sejak fotografi digital merasuki kehidupan. Sedikit-sedikit saat melihat foto orang akan nyeletuk "Ah, dia mah emang fotogenik".

Semua pertanda bahwa istilah yang satu ini bukanlah sesuatu yang asing bagi orang dimanapun.

Tetapi, tahukah Anda arti sebenarnya dari fotogenik? Lalu seperti apa sih wujud dari ke-fotogenik-an itu?

Cantik ?

Yah, memang banyak orang yang mengatakan dan menyebutkan kalau arti dari fotogenik itu sama dengan cantik, ayu, manis. Sayangnya, pandangan itu salah. Fotogenik tidak sama dengan cantik.

Fotogenik secara singkat adalah sebuah "kemampuan" (dalam tanda kutip karena bukan hasil latihan) seseorang atau sesuatu untuk terlihat menarik, bagus, dan menambah keindahan/estetika dalam sebuah foto atau film. Dalam foto atau filmnya, belum tentu dalam kehidupan nyata.

Fotogenik Tidak Sama Dengan CantikModel Aida Wijaya. Lokasi : Angkor Wat, Kamboja

Bisa jadi dalam kehidupan nyata, seseorang itu biasa saja. Tidak memiliki wajah ala Dian Sastro atau Raissa, tidak juga memiliki tubuh yang proporsional. Tetapi, begitu ia terekam dalam kamera, ia bisa menjadi terlihat sangat menawan dan memukau.

Kehadirannya dalam foto membuat foto itu menjadi sangat enak dilihat.

Nah, itulah yang dimaksud dengan fotogenik.

Jadi, fotogenik tidak sama dengan cantik. Meski terkadang ada juga yang sudah cantik, ia juga fotogenik dan enak dilihat dalam sebuah foto.

Contohnya, model dalam foto di atas, pernahkah Anda membayangkan bahwa dia adalah ibu dari 2 orang anak yang salah satunya sudah menjadi mahasiswa? Pernahkah membayangkan dibuat dengan kamera DSLR kelas pemula saja, Canon 700D, tanpa makeup karena dilakukan saat berwisata bersama kawan-kawan sekantor, tidak menggunakan kostum khusus, dan dalam kondisi lumayan capek akibat berkeliling dari candi ke candi.

Cuma, keberadaannya dalam foto membuat foto tersebut menjadi enak dilihat.

Itulah fotogenik, setidaknya versi saya.

Mungkin versi Anda akan berbeda juga karena fotogenik tidak memiliki standar pasti dan sangat bergantung pada selera individu.

Fotogenik Tidak Sama Dengan Cantik


EmoticonEmoticon