Obyek Yang Menarik Untuk Dipotret Itu Seperti Apa? (Hunting Foto) - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Saturday, November 2, 2019

Obyek Yang Menarik Untuk Dipotret Itu Seperti Apa? (Hunting Foto)

Obyek Yang Menarik Untuk Dipotret Itu Seperti apa ?

Sebuah pertanyaan 1 milyar dollar  karena sangat tidak mudah untuk dibuatkan definis dan kriterianya. Tetapi, pertanyaan itu akan selalu hadir saat hendak memotret atau hunting foto di jalanan atau dimanapun.

Penyebabnya adalah karena kata "menarik" itu akan berbeda-beda setiap orang. Tidak akan ada yang sama.

Ada yang menggemari memotret wanita cantik dan pria ganteng ala "portrait photographer". Tidak sedikit yang beranggapan bahwa pemandangan adalah obyek yang paling menarik karena ia menyukai landscape photography (fotografi lanskap). Tanyakan pada penyuka food photography atau fotografi makanan, maka jawabannya akan berbeda lagi.

Jadi, sangat susah merumuskan konsep obyek potret yang menarik. Dan, jelas sangat tidak mungkin dibuatkan kriteria secara umum dan bisa berlaku untuk semua orang.

Tetapi, bukan berarti pasti tidak ada hal yang bisa dijadikan patokan untuk menemukan faktor yang menarik dari sebuah benda.

Bukan berarti pasti, tetapi beberapa hal di bawah ini mungkin bisa memberikan sedikit  patokan untuk memilah dan menilai obyek, yaitu

1. Wujud fisik


Cantik atau ganteng merupakan bawaan dan kodrat manusia yang suka akan keindahan dan kedua kata itu memang berhubungan.

Jadi, yang pertama harus dilakukan adalah menilai apakah sebuah obyek itu "cantik" menurut hati dan rasa yang ada di dalam diri kita. Jika rasa itu timbul dalam hati, hampir pasti bahwa obyek tersebut layak untuk dipotret.

Obyek Yang Menarik Untuk Dipotret Itu Seperti apa ?

2) Warna


Mengapa banteng menyeruduk dan menyerang kain merah yang dikibar-kibarkan oleh matador ? Karena warna merah tersebut biasanya menghadirkan "rasa" di dalam dirinya yang memutuskan dia untuk menyerang.

Tidak beda halnya dengan jika seorang laki-laki normal melihat dua orang wanita yang sama cantiknya, yang satu memakai warna merah dan yang satu lagi abu-abu. Pandangan pertama pasti akan jatuh kepada yang mengenakan baju merah karena warnanya menyolok dan mengundang perhatian.

Bagaimanapun, manusia adalah makhluk visual dan warna merupakan bagian penting dalam kehidupan kita.

Jadi, temukan warna yang menurut Anda menarik dan bagus. Bukan warna sesuai selera orang lain, tetapi warna yang Anda anggap menarik

3)  Garis


Obyek Yang Menarik Untuk Dipotret Itu Seperti apa ?

Kebanyakan manusia suka keteraturan. Rasanya nyaman untuk dilihat. Iya kan? Kecuali Anda penggemar surealisme atau abstrak yang penuh dengan ketidak teraturan, maka abaikan saja hal yang satu ini.

Tetapi, percayalah mayoritas orang suka keteraturan dan karena itulah peraturan dan hukum dibuat.

Nah, dalam kehidupan, di mata manusia, banyak bentuk di dunia terlihat seperti garis, baik lurus, melingkar, atau melengkung yang saling melengkapi menjadi sebuah wujud tertentu.

Oleh karena itu, cobalah cari garis dalam bentuk apapun di hadapan kita yang "teratur" dan tidak tumpang tindih. Sesuatu yang teratur biasanya akan membentuk suatu simetri yang disukai mata manusia kebanyakan.

4) Bentuk


Sesuatu yang unik akan selalu berbeda dari yang biasa saja. Dan, cobalah sapukan pandangan Anda saat memotret untuk menemukan bentuk-bentuk "unik" dan menarik.

Tidak mudah karena pada mulanya semua akan terasa menarik. Butuh waktu, pengetahuan dan pengalaman untuk memilah mana yang betul-betul menarik dan bisa menjadi foto yang bagus, atau sebetulnya biasa saja tetapi karena baru pertama kali melihat, rasanya menarik sekali.

Tetapi, temukan sesuatu yang unik dan menarik, lagi-lagi menurut kita sendiri dan bukan menurut orang lain.


Tidak mudah.

Sangat tidak mudah. Bukan karena obyek yang menarik itu sedikit, tetapi justru karena obyek foto itu terlalu berlimpah. Dan, itu tugas pertama yang harus kita lakukan saat melakukan hunting foto dimanapun, yaitu memilah obyek yang berpotensi menjadi foto yang menarik atau bisa diabaikan.

4 comments:

  1. Sip. Infonya bisa diterapkan. Kalau saya sukanya foto-foto bunga karena bunga itu cantik, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau begitu cari bunga yang menarik dan cantik... Bunga desa juga boleh

      Delete
  2. Hai Kak... Cara penyampaian materinya menarik banget. Aku jadi sadar bahwa setiap foto sebenarnya memiliki gaya menariknya sendiri, sama halnya seperi gambar, lukisan, sketsa, atau bahkan tulisan.

    Aku suka menikmati foto-foto manusia yang tersenyum. Bahagia aja melihat mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..memang tidak ada patokan yang menarik secara umum.

      Jadi kalau memang senang melihat orang tersenyum, ya buatlah foto tentang orang tersenyum..sebanyak banyaknya

      Delete


EmoticonEmoticon