Teknik Framing : Bingkai Obyek Utama Anda ! - Maniak Potret

Dunia Dari Mata Orang Iseng Dengan Kamera

Sunday, November 17, 2019

Teknik Framing : Bingkai Obyek Utama Anda !

Teknik Framing : Bingkai Obyek Utama Anda !

Teknik framing atau teknik bingkai merupakan salah satu trik yang dipergunakan untuk menambah unsur estetis dari sebuah foto. Caranya dilakukan dengan menempatkan obyek dalam sebuah "bingkai".

Kata bingkai diberi tanda kutip karena sebenarnya bukan benar-benar bingkai foto seperti yang biasa dipergunakan untuk memajang foto, tetapi merupakan bentuk imajiner yang bisa terbentuk dari benda apapun yang ada di sekitar obyek foto.

Bentuknya bisa beragam tergantung selera sang fotografer atau ketersediaannya saat pemotretan dilakukan. Persegi, persegi panjang, segitiga, atau bulat, semua bisa disebut dengan frame atau bingkai.

Beberapa benda umum yang sering dijadikan "bingkai" dalam obyek foto mudah ditemukan, seperti pintu atau jendela yang pada dasarnya memang memiliki bentuk seperti bingkai.

Teknik Framing : Bingkai Obyek Utama Anda !

Untuk berlatih teknik framing, tidak perlu jauh-jauh, coba saja memanfaatkan pintu dan jendela di rumah Anda. Posisikan obyek dalam berbagai variasi dan kemudian potret dengan memanfaatkan pintu dan jendela itu.


EmoticonEmoticon