Posts

Showing posts from January 20, 2019

Terkadang, Kita Harus Mengabaikan Semua Teori Fotografi

Image
Membaca teori fotografi itu jelas banyak gunanya. Dengan mengetahu berbagai istilah, teknik pengambilan gambar yang baik, sudut pengambilan yang menguntungkan, seseorang bisa membuat fotonya terlihat menarik di mata orang.

Memang itu adalah fungsi dari teori, dimana apa yang pernah dipelajari, dianalisa, temudian ditemukan polanya, dan ditransfer kepada manusia lain dalam bentuk tulisan, secara visual, atau suara.

Teori itu sesuatu yang sangat berguna bagi perkembangan diri seseorang.

Meskipun demikian, pada prakteknya, terkadang teori-teori seperti itu "memberatkan". Dalam artian membuat seseorang harus menyediakan waktu untuk berpikir , mengolah data yang ada dan kemudian menyesuaikan dengan teori yang sudah dipelajari.

Dan hal itu, dalam dunia fotografi jalanan, bisa menyebabkan sebuah masalah baru, yaitu kehilangan momen. Maklum saja, dunia fotografi jalanan sangat bergantung pada "penemuan" momen menarik yang terjadi secara acak. Sesuatu yang tidak akan terula…

Simetris Itu Menyenangkan Untuk Dilihat

Image
Kata para master dalam dunia fotografi, mata manusia itu menyukai sesuatu yang simetris. Benar tidaknya memang bersifat relatif dan tergantung pada selera masing-masing.

Tetapi, pada kenyataannya, memang kebanyakan manusia akan menyukai bentuk simetris dalam sebuah foto.




Sebuah hal yang sangat membantu dalam membuat foto arsitektur, terutama ketika kamera di tangan memiliki kemampuan yang sangat terbatas dan tidak memiliki fitur untuk berkreasi. Seperti yang saya alami ketika kamera di tangan hanyalah smartphone Oppo A3S.

[FOTO] Para Penunggang Kuda Bromo

Image
Salah satu obyek foto yang menarik di kawaasan wisata Gunung Bromo, dan paling sering menjadi obyek foto, selain gunungnya sendiri, adalah penunggang kuda Bromo. Mereka biasanya berkendara disana dan menyewakan kuda tunggangan kepada para wisatawan yang hendak menjelajahi "padang pasir" di gunung tersebut.

Dan, hal itu bisa dipahami mengingat kehadirannya memberikan sebuah obyek yang unik dalam sebuah masyarakat dimana berkuda bukanlah budaya dan gaya hidupnya.

Beberapa foto hasil jepretan Arya Fatin Krisnansyah saat melakukan study tour kesana bisa dilihat di bawah ini.




Kombinasi  pemakaian Rule of Thirds, Gunung Bromo sebagai latar belakang, dan prinsip KISS (Keep It Simple Stupid), biasanya tidak akan gagal menghadirkan sebuah foto menarik bahkan ketika lensa murah memiliki keterbatasan dalam hal ketajaman dan warna.