Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Chasys Draw IES : Bisa Ubah File RAW Menjadi JPG , Bisa Edit Foto Juga

[SONY] Mengubah File ARW Menjadi JPG Dengan Chasys Draw IES

File ARW adalah jenis file yang dihasilkan saat memotret dengan kamera digital SONY dengan mode RAW.

Salah satu hal yang belakangan ini semakin tren dalam dunia fotografi adalah memotret dengan mode RAW alias mentahan. Memang, dengan cara ini ada keunggulan yang dimilikinya, yaitu data warna yang terekam saat memotret lebih banyak.

Berbeda dengan kalau memotret dengan JPG yang datanya sudah dikompres, mode RAW memberikan lebih banyak data untuk dipergunakan.

Tapi, ada sayangnya.

File yang dihasilkan dengan mode RAW tidak bisa otomatis dilihat di komputer atau gadget yang tidak memiliki software atau aplikasi untuk membukanya. Butuh software atau aplikasi untuk bahkan melihat isinya.

Terlebih lagi, ada beberapa kelemahan lainnya, seperti :

1. Ukuran file besar , yaitu di atas 22 Megabyte per file
2. Jenis file RAW yang dihasilkan setiap merk kamera digtal berbeda, SONY - ARW, CANON - CR2
3. Tidak bisa dibuka di perangkat tanpa aplikasi

Kelemahan ini akan menyulitkan, terutama bagi para Instagrammer dan Facebooker yang ingin rutin mengupdate feednya. Bukan hanya karena ukurannya yang besar, tetapi karena foto yang diposting tidak akan bisa dibuka.

Jadi, sebuah file RAW haruslah diubah dulu menjadi JPG atau PNG agar bisa ditayangkan dan dilihat tanpa perangkat lunak khusus.

Untuk merubahnya tidak sulit sebenarnya, tetapi ada masalah lain adalah Adobe Lightroom yang sangat digemari oleh penghobi fotografi. Berbagai fasilitas yang ada di dalamnya membuat software ini bukan hanya bisa merubah file RAW, tetapi juga sekaligus sebagai photo editing software.

Sayangnya, berbayar alias non gratisan. Cukup mahal juga untuk bisa memakai aplikasi ini, yaitu US$ 9.99/bulan atau sekitar 150.000 rupiah perbulan, tergantung kurs.

Mahal.

Untungnya ada banyak pembuat software yang berbaik hati dan menyediakan perangkat lunak buatan mereka untuk dipakai tanpa batasan, alias open source.

Nah, salah satunya adalah Chasys Draw IES.

Software buatan warga Kenya, John Paul Chacha ini termasuk keluaran baru, yaitu di tahun 2019. Logonya seperti yang ada di awal tulisan.

Perangkat editor grafis ini mampu mengubah cukup banyak jenis file RAW menjadi JPG, termasuk ARW dari SONY dan CR2 dari CANON.

Ubah File RAW Menjadi JPG Dengan Chasys Draw IES, Ada Editor Juga

Yang paling menyenangkan adalah, selain bisa merubah file RAW menjadi JPG, perangkat lunak editor grafis ini juga bisa dipergunakan untuk mengedit foto.

Fitur yang disediakan banyak dan tidak kalah dari GIMP atau bahkan Adobe Lighroom. Mulai dari fungsi editor sederhana, seperti cropping sampai pengeditan warna, Chasys bisa melakukannya.

Sebuah pilihan yang lebih baik daripada software bawaan dari produsen kamera yang biasanya hanya bisa dipergunakan untuk merubah file RAW menjadi JPG. Chasys bisa melakukan lebih dari itu.

Apalagi hasilnya juga bisa disimpan dalam berbagai bentuk lain selain JPG, yaitu ada PNG, TIFF, sampai PDF juga. Opsinya banyak.

Cukup mudah digunakan juga, meski tentunya seperti biasa akan butuh waktu untuk membiasakan. Tapi, jika Anda sudah terbiasa dengan editor grafis yang lain, Chasys tidak akan menyulitkan karena menu dan fiturnya tidak berbeda jauh.

Nah, bila Anda ingin mencoba menggunakannya, silakan download di SINI .

Post a Comment for "Chasys Draw IES : Bisa Ubah File RAW Menjadi JPG , Bisa Edit Foto Juga"